Jumat, 07 Januari 2011

Cerita perjalanan sebuah web


Sudah sekitar setahun Website Mahir Berinvestasi Emas ini mengudara di hadapan pembaca sekalian. Barangkali saya ingin berbagi yang mudah-mudahan ada manfaatnya. Bagaimana sebuah hobi dan juga keinginan yang di jalani dengan suka cita akhirnya berkembang menjadi lahan bisnis yang bisa dipakai untuk menambah pembelian bumbu dapur di rumah.


Di mulai  ketika awal  2007 saya turut serta meramaikan bisnis valas online, yang biasa di kenal dengan forex trading.  Waktu itu belum sesemarak tahun ini, karena untuk akses internet masih terbilang cukup mahal dibandingkan saat sekarang. Dan juga belum banyak yang membahas tentang bisnis ini.
Untuk memulai bisnis ini sebagai seorang Muslim sebenarnya saya agak ragu tentang kehalalan bisnis semacam ini, lalu saya bertanya sana-sini , terutama kepada orang yang berkompeten. Setelah sekitar sebulan mencari-cari,  saya memutuskan bahwa bisnis ini halal. Namun masih ada sebersit  keraguan dalam hati. Walaupun akhirnya saya terjun di dalamnya. Karena setelah shalat istikharahpun (minta petunjuk) belum dapat petunjuknya.

Untuk memahami bisnis model baru ini saya banyak berburu buku2 tentang forex trading, yang waktu itu masih langka dan juga googling hampir setiap hari. Saya banyak mempelajari analisa Fundamental untuk mengetahui ekonomi sebuah Negara maupun analisa teknikal dengan mempelajari chart. Dan Bahkan saya sempatkan membeli sebuah software seharga lebih dari 10gram LM untuk analisa teknikal, yang setelah saya mengetahuinya ternyata software copian seperti itu mustinya tidak semahal  itu, 1gram juga sudah kemahalan.  Jadi Sobat mesti hati-hati ya… kalau lagi antusias atau menggebu dalam melakukan sesuatu  musti dipikir2 dulu jangan sampai di manfaatkan orang dan menyesal kemudian.

Tahun 2008 keraguan tentang kehalalan bisnis forex online yang saya jalani terus membuat saya berpikir, bagaimana bisnis ini dikatakan halal ya ?. kalau hari ini saya bisa untung 5juta dan besok rugi 8juta, lusa untung 4juta berikutnya rugi atau untung lagi hanya dengan memasang posisi “buy” atau “sell”. Kok seperti memasang taruhan di meja judi.  Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti dari bisnis forex online tersebut. Bahkan saya sempat tanyakan juga ke 2 teman  saya yang Christian, bukan dalam rangka mencari fatwa, namun lebih kea rah bagaimana pandangan hal ini pada Agama lain dan kebetulan yang satunya adalah Sarjana Theology,  dengan spontan dia menjawa “haram”.  Menurut dia lagi, namun bisa halal dengan catatan saya ambil untungnya dikit (seperti ambil gaji) dan lainnya diserahkan ke orang2 yang membutuhkan, semisal  fakir miskin. Saya hanya tersenyum. Karena bagi saya sedikitpun jika haram ya tetap haram.

Dari pelajaran dalam forex online inilah saya menjadi “ngeh” tentang emas, logam mulia yang satu inilah uang yang  sebenar-benarnya. Karena sudah terbukti sepanjang 5000 tahun peradaban manusia.
Dan mulailah saya menulis artikel tentang emas di facebook, juga membuat Grup tentang Investasi Emas, yang sekarang namanya Mahir Berinvestasi Emas, ada grup 1 dan grup 2. Saat itu saya banyak di support oleh sohib saya AA Dadi Hermana, dan juga sobat Ko bing dan juga Michael Hasiholan, yang sering bertukar pikiran tentang emas ataupun Grup yang saya buat. Hanya sayangnya pada September  2009, akun facebook saya yang pertama kali saya buat dengan email sholehdipraja[at]yahoo[dot]co.id sudah di non aktifkan oleh admin facebook dengan alasan yang  tidak jelas. Padahal saat itu saya amat sangat semangat banget dalam memperkenalkan emas ke teman2. Waktu itu saya menganggapnya teguran dari Allah, agar semangat saya dalam memperkenalkan emas ke teman-teman di stop dulu dan berkonsentrasi untuk mempersiapkan menunaikan rukun islam yang ke-5 beribadah Haji ke tanah Suci.

Sepulang beribadah Haji, Pada awal Jan 2010 mulailah saya menulis di wordpress yang tulisan awalnya pada 4 Jan 2010 , dan pada 30 Jan 2010 dengan www.mahirberinvestasi.com, yang sewa domainnya akan berakhir pada 30 Jan 2011 ini dan tidak saya perpanjang karena sudah dipindahkan ke www.mbemas.com ini.  
Ada 2 sobat baik saya Mas Dahono dan Mas Arif yang mendorong saya agar membuat sebuah buku. Bahkan Mas Arif sempat bersilaturrahmi ke rumah saya untuk mewujudkan buku tentang emas tersebut.  Untuk mewujudkan pembuatan sebuah buku saya mulai mencari bahan ke toko-toko buku, googling ataupun survey ke toko-toko  emas, pegadaian, pegadaian syariah , bank-bank syariah, Antam dan juga pengalaman saya dalam menjalankan forex trading. Walaupun hingga saat ini buku itu belum terwujud namun buku dalam bentuk elektronik sudah mulai saya buat pada May 2010. Justru dengan e-book, buku yang saya buat bisa sangat customize dan disesuaikan dengan karakter pemesannya. Karena sebelum saya buat terlebih dulu saya mengirimkan quisioner  life behavior / kebiasaan prilaku dalam hidup untuk saya sesuaikan dalam memilih investasi dan persentase investasi dalam emas.
Alhamdulillah Saat  launching di web puluhan Sobat langsung memesan ebook Mahir Berinvestasi Emas ini, yang biasa saya singkat MBE.

Seiring dengan perjalanan waktu, Beberapa Sobat yang ingin berinvestasi emas dan tidak terjangkau oleh layanan ANTAM bertanya kepada saya dimana bisa mendapatkan emas batangan atau biasa disebut LM. Akhirnya melalui web ini pula saya menampilkan Toko LM Online dan Alhamdulillah walaupun belum saling kenal namun mereka mempercayai kami dengan mentransfer uang terlebih dahulu, kemudian saya mengirimkan LM yang mereka beli. Bahkan ada yang sangat mempercayai kami dengan mengirimkan uang lebih dari 40juta untuk membeli 100gram LM. Sungguh suatu kepercayaan yang harus kami hargai dengan pelayanan setulus hati. Dan syukur Alhamdulillah pula kalau hingga saat ini kami sudah melayani  mulai dari 1gram hingga 100gram, yang kalau di jumlah sudah mencapai 1053,5gram yang tersebar di Pulau Sumatera dan Jawa, Pulau lain masih sebatas membeli ebook MBE, mungkin di masa mendatang akan ada juga di database kami.

Untuk mengurusi Web ini, ataupun membuat artikel, saya hanya memakai waktu-waktu senggang di sela pekerjaan rutin saya sebagai seorang trainer di sebuah perusahaan Farmasi  Multinational, namun tentunya di bantu oleh Istri saya dalam melayani pelanggan, ataupun adik-adik saya, yan kamal  membuatkan  layout ebook , pun Thoriq ramadhan turut nguprek web.  Dengan kerja bersama tentulah menjadi ringan melangkah.

Many thanks to All Our Friends and customers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar