Senin, 12 Agustus 2013

Doa Acara Tasyakuran Khitanan


Bagiku pengalaman diminta memimpin doa pada acara di kantor ataupun acara keluarga sudah biasa, namun untuk urusan memimpin doa pada saat resepsi belum pernah kulakukan, karena memang belum pernah ada yang memintanya. Pada Lebaran kali ini 1434 H, ada seorang teman yang akan mengadakan tasyakuran khitanan putranya. dan dia menghubungi istri saya agar saya bersedia memimpin doa saat acara tasyakuran khitanan nanti. Tanpa berpikir panjang saya mengiyakan saja permintaan tersebut, toh saya belum pernah mencobanya, lagipula daripada yang punya hajat harus mencari lagi yang bersedia untuk memimpin doa, tak ada salahnya jika aku sedikit mengurangi beban itu. ya sedikit saja, karena mmg hnya sedikit. wong hanya baca doa saja kok....  :)  .


Sehari sebelum hari yang ditentukan, aku mulai mencari bahan untuk membuat doa khitanan tersebut, dari internet, doa-doa yang kubuat sebelumnya ataupun tambahan yang dipikirkan saat itu. Kemudian Aku  mencoba membacanya, dan dipagi hari sebelum acara dimulai. aku menyempurnakan bacaan doa tersebut. Inilah hasilnya :



A’udzubillahi minasysyaithannirrajim
Bismillahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillahirabbil’alamin, hamdan yuwafi ni a’mahu wa yukaafi  mazziidah ,

ya rabbana lakal hamdu kama yambaghi li jalali wajhikal karimi wa’adzimi sulthaniki

Ya rabbana walakal hamdu, walaka syukru

Allahumma shalli ala Muhammadin fil awwalina wal akhirin



Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat-MU, atas segala rahmat dan karunia-MU yang telah ENGKAU limpahkan kepada kami, kepada para pendahulu kami, Kakek Nenek Kami, Bapak-Ibu kami, kepada anak-cucu kami  dan kepada seluruh yang hadir pada acara malam tsyakuran khitanan  ini

Allahumma Ya Allah Ya Rabbana Ya Karim..

Jadikanlah kami semua yang hadir di sini menjadi orang yang pandai bersyukur, atas segala nikmat yang telah Engkau karuniakan kepada kami. Dan jadikan kami orang yang mempunyai tekad yang kuat untuk selalu berbuat baik dan memiliki nilai-nilai kebaikan, seperti  kejujuran, ketekunan, Rasa Peduli, Semangat untuk Maju, dan Tanggung jawab. Jika kami pemimpin jadikanlah pemimpin yang amanah, jika kami bawahan jadikanlah bawahan yang amanah, karena kami yakin dengan amanah akan mendatangkan ridho-MU.

Allahumma Ya Allah Ya Rabbana Ya Karim,

Bapak Ir. Iwan Septo Pramusinto, MM. saat ini menjalankan sunah Nabi-Mu qolbun saliim “ Ibrahim alaihissalam”  dengan melakukan khitanan ananda Rayhan Adyatma Gustin Hakim. Maka Ya Allah, terimalah amalannya, hapuskanlah dosa-dosanya, lapanganlah rejekinnya dan bahagiakanlah keluarganya. Dan kepada ananda Rayhan muliakanlah dirinya, panjangkanlah umurnya, terangilah hatinya, teguhkanlah imannya, perbaikilah amal perbuatannya, tunjukkalah jalannya untuk selalu mencapai ridloMu, dekatkanlah pada kebaikan, dan jauhkanlah dari keburukan. Jadikan ia anak yang Sholeh yang menjadikan amal jariah bagi Ibu-Bapaknya.

Yaa Alloh… hanya kepada-MU kami melakukan pengabdian dan hanya kepada-MU kami memohon pertolongan. Anugrahkanlah kepada kami tekad, kekuatan, keikhlasan, lindungan, bimbingan dan rejeki yang halal untuk menjalankan syariah agamamu demi mencapai akhirat kami.

Iyyaka na’ budu waiyyaka nasta’in

Rabbana taqabbalminna innaka antassami’ul alim, watub ‘alaina innaka antattauwaburrahim.

Walhamdulillahi  Rabbil ‘alamin
  Alhamdulillah Acara berjalan lancar, dan yang cukup mmbahagiakan adalah ketika saat resepsi selesai, ada seorang tamu yang menghampiriku, dan membisikkan : "Pak text doa-nya kulo suwun saget ?". (Pak text doanya boleh saya minta?). kujawab : "Inggih, Monggo" (Iya, Silakan).

Semoga bermanfaat


23 komentar:

  1. Terima kasih postingannya mas. Bagus dan bermanfaat sekali untuk saya yang juga hari ini diminta untuk jadi pembaca doa di tasyakuran khitan keponakan. Izin saya copy sebagai referensi ya.

    BalasHapus
  2. terima kasih pa, mohon izin untuk men copy nya. Jazakallah kahairon katsir.

    BalasHapus
  3. Trimakasih mas. Alhamdulillah akhirnya besok saya bisa tenang untuk baca doa khitanan disekolah kami (SLB AUTIS LAB UM). Mohon ijin untuk mengcopy.

    BalasHapus
  4. Dalem nderek katur matur suwun mugi Allahu paring ginanjar kang agung ... Wardoyo

    BalasHapus
  5. Dalem nderek katur matur suwun mugi Allahu paring ginanjar kang agung ... Wardoyo

    BalasHapus
  6. Trimakasih mas saya copy untuk do'a malam tasyakuran khitanan anak temen saya.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum warahmatullah izin copy akh,,,

    BalasHapus
  8. Subhanallah, barokah ilmunya ya mas... Syukron

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Izin copas ya pak, untuk doa acara walimah khitan tetangga
    Jazakumullah khoiron katsiran

    BalasHapus
  10. Do'a ringkas padat sungguh baik, mohon izin copas mas..

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah, sangat membantu doa yang singkat dan berbobot. Izin copas

    BalasHapus
  12. Mohon izin copas njih mas...smga barokah suwun...

    BalasHapus
  13. Mohon izin copas njih mas...smga barokah suwun...

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah, barokalloh doa nya, mohon ijin mengcopi nya.
    Maturnuwun

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah,.. Do'a yang bagus dan Islami

    BalasHapus
  16. terimakasih postingannya,mohon izin untuk mengamalkan, semoga barokah.

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah, barokalloh doa nya, mohon ijin mengcopi nya.
    Maturnuwun

    BalasHapus